Thursday 8 December 2016

0

Kita di Ajarkan Untuk Spamming



Ketika pertama kali saya memasuki semester 3, Cyber PR adalah salah satu mata kuliah yang membuat saya cukup penasaran atau “kepo.’’ Karena yang saya tahu, cyber itu berhubungan dengan dunia internet gitu kan tau nya ya, tapi sekarang ditambah label “PR’’ atau Public Relation, yang di pikiran saya seorang PR yang nantinya bakalan berurusan sama dunia dunia internet, untungnya bukan dunia lain /heee.

Sebenarnya saya cukup aneh pertama kali ketika belajar mata kuliah ini, karena biasanya kita (humas) itu belajar yaa di kelas, tapi untuk kali ini kita belajar di lab komputer. Senengnya soalnya bisa sekalian main games gitu hehe, tapi terkadang ya kesel juga sih, apalagi kalo internet udah mulai lemot terus mulai muncul para dinosaurus memberi salam ke kita bahwa internet ga jalan.makasih loh ya.
Tapi, selama ini saya belajar cyber pr itu seneng sih. Soalnya saya itu sebenarnya dari dulu emang pengen banget jadi seorang blogger (makanya dulu waktu SMP sama SMA punya blog sendiri rame warna-warni unch) tapi udah lama ga main blog jadi kaya kaku lagi gitu. Ditambah lagi, aku ga punya laptop atau tempat yang memungkinkan aku buat nulis gitu, paling mentok mentok sih nulis di hp terus di edit kalo lagi pelajaran cyber PR.

Terus aku juga suka banget bacain blog orang. Sebenernya ide buat nulis tuh banyak banget, Cuma ga ada aja tempat untuk menuangkan ide tersebut hiks sedihnya tehL tapi yaudahlahya bahagia aja hidup mah wkwk. Selain itu juga aku ini tipe-tipe anak yang kalo buat postingan di instagram itu cerpen, alias panjang. Mungkin orang yang liat bakalan mikir “ih apa pisan lah da urang mah ningali foto lain caption na atuh” tapi...ya mau dikata apa saya seneng nulis anaknya. Dibandingkan posting foto di instagram foto selfie wajah kita tapi caption tentang cinta-cintaan.kan ga nyambung.

Istilahnya setelah saya belajar cyber pr, saya makin belajar untuk mengolah kata-kata yang nantinya akan saya tulis. Karena, bener banget yang nama nya internet itu luas banget. Ketika kita nulis sesuatu, yang baca itu bukan hanya kita atau teman-teman kita saja, tetapi masyarakat luas pun akan melihat tulisan kita. Contohnya ketika kita menulis tulisan menyindir, padahal kita maksudnya ke orang yang pertama, tetapi si orang kedua itu merasa tidak enak sehingga antara orang kedua dan kita itu menjadi berantem hanya karena postingan yang maksudnya sebenarnya bukan untuk dia.

Karena di jaman sekarang itu kepribadian seseorang itu sudah bisa terbaca hanya dengan melihat dari postingan-postingan di sosmednya. Di matkul ini kita juga di ajarkan untuk mendesign blog supaya menarik ketika di buka oleh orang lain. Kan boring ya kalo misalkan blog Cuma hitam putih tanpa gambar tanpa warna menarik yang bikin mata cringg gitu hehe. Tapi ya kalo kalian suka yang dark dark gitu it’s ok wae. Tapi seengganya kasih gambar dong ya biar lucuk. Terus kalo kalian suka gambar gif gitu gak ada salah nya kalian masukin juga. Berhubung saya anaknya males, jadi ya engga saya mah hehe. Selain itu kita juga di ajarkan cara memasukkan sosmed di blog kita, seperti instagram, twitter, facebook, g plus, dan lain-lain.

Selain blog, kita juga diajarkan untuk spam haha bukan spam yang bikin orang lain bete atau gimana ya. Tapi kita disuruh buzzer di twitter tentang event kita. Nah buzzer itu sendiri merupakan memposting sebuah tulisan, kampanye, atau apapun itu ke sosmed yang kita punya dengan cara posting sebanyak-banyaknya, atau bahasa gaulnya sih spamming. Tapi buzzer ini ga sembarangan, ga semua kata-kata bisa kita masukin. Kita harus memikirkan dampak dan tujuan nya. Selain itu persentasi dibacanya pun harus kita perkirakan. Bahkan kalau bisa kita harus mencapai trending topik indonesia minimal paling bawah. Sebenarnya kita hampir berhasil, hanya saja ada yang lebih banyak dari postingan kita saat itu sehingga kita gagal masuk ke trending topik.

Nah kalau kita tadi bahas buzzer, sekarang hootsuite. Asli ini website saik banget. Gimana engga, tanpa perlu kita cape-cape buka sosmed kita satu-satu untuk memposting kampanye kita. Nah dengan memakai website ini kita hanya perlu log in sosmed yang mau kita masukkan. Setelah itu kita ketik saja tulisan yang mau kita posting nah jengjeng semua terkirim. Nah selain itu kalo kita mau posting di jam tertentu juga bisa looohhh misal nih kita mau ngucapin selamat ulang tahun ke teman kita di twitter tapi tepat jam dua belas. Kan yakali kita udah tidur gitu ya. Makanya dengan pake hootsuite postingan itu bisa di tunda sampai jam dua belas nanti.

 Intinya saya senang dengan mata kuliah ini walaupun mungkin karena sudah sedikit bosan dulunya sering bermain blog dan kurang berminat di bidang seperti ini, namun rezeki mah kadang dateng nya darimana aja ya. Jadi, kalo ternyata saya berjodohnya di pekerjaan cyber ya harus di syukuri dong. Karena kita hidup itu harus selalu bersyukur^^


bapak bahagia: http://www.abahraka.com/


0 comments:

Post a Comment